Resep Cara Membuat Kue Khas Lebaran Mudah Dan Cepat

Hai jumpa lagi dan kesempatan ini ada tips cara resep membuat kue khas lebaran dan kue sendiri salah satu makanan yang banyak disajikan untuk keluarga atau suatu acara.

Beberapa nama kue dan rasa yang berdeda-beda sangat menggugah selera bagi yang mencicipinya, apalagi bagi Anda cara membuat kue khas lebaran ini memiliki jenis pengerjaannya sangat simpel dan mudah dibuat.

Sebagai cemilan manis khas hari lebaran dan sangat kental untuk untuk dihidangkan dan menjamu kerabat saudara dan tetangga. Kue lebaran sebagai menu teman minum ketika bersilaturahmi pada hari Idul Fitri.

Menjelang H-5 Ibu-ibu kreatif biasanya sudah mempersiapkan segala bahan untuk membuat Kue khas lebaran ini. Tak jarang aroma harum adonan kue saat dipengopenan yang terbawa angin dari tiap rumah akan menusuk hidung.

Bahan membuat kue untuk adonan khas lebaran sekarang sudah banyak di jual warung dan toserba atau supermarket biasa berupa margarin,mentega,gula pasir,gula tepung,vanili,tbm dan permipam juga yang lainnya.

Cara Membuat Kue Khas Lebaran


Resep kue khas lebaran ini bisa Anda kreasikan dari kue basah dan kering sesuai keinginan. Seperti di bawah ini Saya telah merangkun ada 2 macam kue yang sangat mudah di buat tak akan memakan waktu yang panjang apalagi bagi Anda seorang yang sibuk.

1. Nastar Selai Nanas



Resep membuat kue khas lebaran yang pertama yaitu kue nastar. Siapa yang tak kenal kue kering renyah nastar yang dominan dengan rasa manis dan sedikit asin dari campuran keju dan selai didalamnya.

Rasanya yang sangat muler di mulut saat memakannya kue ini. Kue nastar sangat enak bila dihidangkan untuk hari-hari biasa dan hari H atau lebaran telah tiba.

Resep Membuat Kue Khas Lebaran

Bahan-Bahan Membuat Nastar


250 gram tepung terigu.
25 gram tepung maizena.
175 gram mentega.
50 gram gula halus.
4 butir telur ayam negeri dan di bagi untuk 3 butir telur sebagai bahan campuran adonan dan 1 butir untuk olesan.
1 sendok susu bubuk
Buah nanas sudah matang dan parud 1/2 buah saja.
Garam 1/2 sendok teh.
Gula pasir 100 gram.

Cara Membuat Nastar


Pertama untuk membuat selai dari nanas, silahkan rebus parutan nanas tambah gula pasir dan kayu manis juga garam, silahkan aduk hingga bahan menjadi adonan berupa selai dan agak kering.

Kedua untuk membuat nastar, silahkan campur semua bahan seperti tepung maizena+tepung terigu+susu bubuk dan semua bahan harus tercampur dengan rata kemudian ayak hingga lembut.

Tambahkan gula halus + mentega + 3 kuning telur yang sudah dipisahkan dengan putih telurnya setelah tercampur 3 bahan ini lalu kocok atau mixer hingga lembut.

Ketiga sekarang Anda ambil adonan tahap kedua selanjutnya buat bentuk bulatan sesuai selera jangan terlalu besar atau kecil lalu masukan selai nanas tadi yang sudah disiapkan.

Ketiga setelah semua adonan habis berikut selainya kemudian olesi bualatan dengan kuning telur.

Lalu semua bulatan tadi letakan pada loyang dan sebelumnya telah diberi margarin secukupnya dan masukan pada open selama 25 menit.

Keempat angkat setelah 25 dan siap didinginkan dulu sebelumdimasukan ketoples.

2. Kue Putri Salju



Kue putri salju adalah jenis kue kering yang sangat renyah dan manis dengan taburan gula halus diatasnya. Kreasi membuat kue salju sesuai kreasi dengan cara membentuk bulan sabit atau persegi panjang kecil atau bulat seperti koin dengan tebal 1 cm atau bentuk sesuai selera Anda.

Bahan-Bahan Membuat Kue Salju


Tepung terigu 200 gram kemudian diayak untuk memperhalus apabila ada butiran tepung yang kasar.
Tepung maizena 30 gram silahkan saring atau ayak untuk menghilangkan bulatan yang besar dan kasar.
Margarin 200 gram, untuk kue putri salju yang lembut dan mengembang pilih margarin kualitas terbaik juga.
3 butir telur dan yang diambil hanya kuning telurnya saja.
Keju merk cheddar 50 gram atau secukupnya dan parut untuk nanti sebagai tabur di atas adonan yang siap di open.
50 gram keju edam dan silahkan parut seperti keju cheddar di atas>.
Garam dapur yang 1/4 sendok makan atau secukupnya untuk rasa asin gurihnya tidak berlebihan atau kurang.
Gula halus untuk kualitas cari gula tepung ini yang halus banget bila ada butiran besar bisa di ayak dulu nanti untuk taburan.

Cara Membuat Kue Salju


Pertama siapkan wadah kocokan atau tempat kocokan mixer dan masukan margarin dan kuning telur hingga adonan terlihat mengembang cirinya sudah tercampur sempurna.

Kedua selanjutnya isikan tepung terigu + tepung maizena ke wadah kocokan mixer sedikit-demi sedikit agar hingga adonan tercampur semuanya terus hingga tercampur dan mixer jangan dulu dimatikan.

Ketiga masukan lagi 2 bahan terakhir yakni keju cheddar dan edam juga garam hingga semua tercampur sempuna.

Keempat nah setelah semua adonan terasa mengental ambil 1 sendok makan adonan dan citak menggunakan citakan bulan sabit atau kotak bisa juga bentuk bulan sabit.

Kelima setelah semua adonan di citak simpan yang rapih diloyang agar nanti matang gak berdempet dengan adonan bentuk lain dari kue salju ini dan perlu di ingat loyang sebelumnnya sudah dilumuri mentega.

Keenam selanjunya setelah adonan sudah siap diloyang masukan ke open dengan suhu panas 170 derajat celcius dengan waktu mengopen 15 menitan hingga ada juga 20 menit.

Ketujuh setelah waktu yang ditentukan atau adona sudah matangm silahkan ambil loyang dan dinginkan, nah setelah kue salju benar-benar kering sekarang tahap akhir taburi dengan gula halus yang sudah disiapkan sejak dari tadi dan siap diisikan ke toples dan tutup yang rapat.

Itulah tips membuat kue khas untuk lebaran dan terima kasih buat Anda yang sudah berkunjung dan membaca isi halaman ini semoga bermanfaat ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel