Nama Negara Pendiri Dan Anggota Asean

Nama Negara Pendiri Dan Anggota Asean. Benua Asia dibagi menjadi 6 wilayah dan salah satunya Asia tenggara dan memilki satu organisasi hubungan antar negara yakni  bernama Asean atau perhimpunanan bangsa-bangsa Asia tenggara, maka dari itu melalui artikel ini Saya akan menjelaskan nama negara pendiri dan anggota Asean ini, dari sekian banyak negara berkembang termasuk negara Indonesia ada 5 negara yang menjadi cikal bakal dirintisnya satu organisasi Asean ini.

Banyak yang belum mengetahui nama negara pendiri dan anggota Asean dan tanggal berapa Asean didirikan, mari simak baik-baik Organisasi Asean berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 atas Dasar Deklarasi Bangkok yang diselenggarakan di Ibukota Thailand yakni Bangkok. Seperti sedikit diulas di paragraf satu dari 10 negara regional Asia tenggara ada nama negara pendiri dan anggota Asean tetap dan tidak tetap juga untuk apa Asean dicetuskan saat itu, ada banyak alasan yang mendasar yakni terbentuknya salah satunya faktor hubungan regional antar negara dan ekonomi untuk perdagangan ekspor impor tak terkendala aturan satu negara dan menjamin stabilitas keamanan darat dan laut (negara yg memilki wilayah kelautan) seasia tenggara umumnya. Ada negara tetap yakni kelima negara pendiri yang memilki peranan utama pada Asean ditambah anggota baru resmi masuk  dan  ada negara tidak tetap yakni negara anggota Asean sebagi peninjau awalnya sebelum masuk anggota seutuhnya ( dahulu negara peninjau sebelum masuk anggota Asean resmi yakni negara Kamboja,Vietnam, Laos lebih dikenal negara Indochina.

Nama Negara Pendiri Dan Anggota Asean

Sebelum berdiri Asean di awasan Asia tenggara pada saat itu stabilitas keamanan belum terjamin seperti sekarang ini dan kebanyakannya negara baru merdeka jadi banyak kesenjangan antar negara bila dalam tutorial wilayah, maka dengan dilahirkannya Organisasi Asean ini memilki peranan penting hubungan paling erat antar negara anggotanya dan tidak ikut campur urusan dalam negeri suatu negara.

Baca juga : Daftar Nama-Nama Negara Di Benua Amerika

Ada 5 tokoh Asean saat itu yang mendeklarasikan organisasi Asean berdiri hingga saat ini, untuk lebih lengkapnya inilah nama negara pendiri dan anggota Asean seperti di bawah ini:

NEGARA ANGGOTA ASEAN


NAMA PROFIL TOKOH PENDIRI ASEAN


1. Adam Malik dari Indonesia mejabat menteri luar negeri.
2. Tun Abdul Razak dari Makaysia mejabat menteri luar negeri.
3. Thanat Khoman dari Thailand (Muangthai) mejabat menteri luar negeri
4. Sinnathamby Rajaratnam dari Singapura mejabat menteri luar negeri
5. Narciso Ramos dari Filipina mejabat menteri luar negeri

NAMA NEGARA PENDIRI ASEAN


5 negara pemrakarsa atau negara yang diwakili oleh delegasinya menteri luar negeri saat itu tahun 1976 atas Dasar Deklarasi Bangkok sebagai berikut:

1). Indonesia
2). Malaysia
3). Thailand
4). Singapura
5). Filipina

NAMA NEGARA ANGGOTA BARU ASEAN DAN NEGARA TIDAK TETAP


Negara angota baru adalah negara yang resmi masuk secara langsung seperti negara Brunei setelah negara ini merdeka, di Asean saat itu ada juga anggota negara Asean tidak tetap yakni negara peninjau atau lihat-lihat dulu kinerja kegiatan organisasi Asean ini dan biasanya waktu pertemuan semua anggota Asean di suatu kota dalam negara yang ditentukan misal di Jakarta maka negara peninjau dengan delegasinya diundang datang mengikuti semua kegiatan apa yang sedang disepakati atau topik bersama anggota Asean itu, kemungkinan gabung membutuhkan waktu yang lama sesuai negara peninjau mau masuk anggota Asean ini. Negara penijau ini seperti vietnam laos kamboja atau lebih dikenal negara Indochina.

1). Brunei resmi masuk menjadi anggota asean tanggal 7 januari 1984 setelah 1 minggu memperingati hari kemerdekaannya
2). Vietnam resmi masuk menjadi anggota asean tanggal 28 Juli 1995
3). Laos resmi masuk menjadi anggota asean tanggal 23 Juli 1997
4). Myanmar resmi masuk menjadi anggota asean tanggal 23 Juli 1997
5). Kamboja resmi masuk menjadi anggota asean tanggal 16 Desember 1998

Jadi sejak tahun 16 Desember 1998 Kamboja resmi masuk ke Asean maka negara penijau sudah tidak ada nama negara tidak tetap pada anggota Asean Asean.

SEMUA ANGGOTA NEGARA ASEAN


Aggota Asean semuanya yakni gabungan negara pendiri dan negara anggota baru dan di bawah sudah ada 10 negara tersebut.

1). Indonesia
2). Malaysia
3). Thailand
4). Singapura
5). Filipina
6). Brunei
7). Vietnam
8). Laos
9). Myanmar
10). Kamboja
11). Timor Leste ( anggota terbaru atau baru masuk menjadi anggota)


Nah itulah Nama negara pendiri Dan Anggota Asean semoga apa yang sudah dijelaskan di atas dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Nama Negara Pendiri Dan Anggota Asean "

Posting Komentar

Jangan buang waktumu untuk spam !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel