Update Algoritma Google Terbaru Saat ini

Google baru-baru ini update semua komponen algoritmanya untuk menyaring konten berkualitas,  salah satunya Algoritma Core awal tahun 2016 yang bertugas melakukan penyaringan artikel blog yang berbau spaming dan sangat merugikan artikel berkualitas dengan judul dan isi yang sama.

Dampak Algoritma Core sebagai Algoritma Google Terbaru ini segala pencarian artikel pada search engine yang semula mendapatkan page one sekarang anjlok kadang hilang pada SERP Google, segala jerih payah seperti penyertaan keyword yang sangat ampuh mendongkrak sebuah artikel dan selalu tampil di mesin pencarian google sekarang musnah tanpa mengubah setelan juga pengaturan robot text. Inilah  yang ditakutkan para blogger, saya pernah membaca ada anggota komunitas dengan threadnya menyatakan halaman blog pada hasil pencarian menghilang yang sebelumnya terindex sekarang jadi no index.


Untuk lebih jelasnya saya merangkum update terbaru algoritma google ini. Sebelumnya pada postingan yang lalu, ciriseo sudah jelaskan pembaca setia menginginkan relevanitas artikel, jadi saat membuka sebuah halaman blog dari mesin pencari maka seperti dibawah kinerja algoritma google baru :

  • Menurunkan halaman blog yang sifat relevanya kurang atau spaming
  • Menghimpun semua halaman yang berkualitas sesuai pencarian
  • Memasukan halaman yang berkualitas dari semua halaman relevan

Google selalu mengupdate banyak algoritmanya dan tidak ada satu rumus yang bisa memperbaharui semua itu makanya algoritma google bukan satu saja untuk mengelola ke tiga poin diatas. Perkembangan algoritma sebanding semakin bertambahnya website baru dan optimasi SEO cara baru  dan melakukan beberapa pecobaan yang bisa mendongkrak artikel pada suatu halaman seperti kualitas konten yang relevan, update artikel, share ke media sosial, link internal relevan, backlink (Link Building), Title Tag, mobile friendly, loading blog ringan, faktor h1 hingga h6.

Baca juga : Cara meningkatkan pengunjung blog

Banyak pelaku SEO dari waktu-kewaktu mengamati perubahan algoritma untuk mesin pencari dan perkembangan algoritma google karena itu penting sekali ketika ada Update algoritma google, agar website tidak terjerat lingkaran Blackseo.

UPDATE ALGORITMA TERBARU GOOGLE


1). HUMMINGBIRD


Update Algoritma Google Terbaru Saat ini

Algoritma Hummingbird menyasar pada halaman blog yang tidak responsive tidak akan terbaca oleh beberapa perangkat,  jadi penting sekali halaman blog dengan design responsive jadi bisa dinikmati pada semua platform dari PC hingga mobile dan yang terpenting untuk algoritma Hummingbird yakni website SEO friendly, nah walaupun Menurunkan halaman blog yang sifat relevanya kurang atau spaming Menghimpun semua halaman yang berkualitas sesuai pencarian Memasukan halaman yang berkualitas dari semua halaman relevan, namun apabila hanya artikel berkualitas  dengan tampilan template tidak responsive siap-siap dihadang algorimta ini di mesin pencarian.

Tentunya mobile friendly sekarang sudah menjadi keharusan pemilik website dan algoritama hummingbird masih memberi ruang untuk ektensi kata keyword yang benar-benar relevan dan kuat untuk mesin pencari.

2). PANDA


Update Algoritma Google Terbaru Saat ini

Setelah algoritma Hummingbird google memperkenalkan algoritma panda tujuan menyisir semua halaman website yang mengulang kata kunci akan diabaikan. Artikel baru (fress) dan unik juga berkualitas diutamakan maka persaingan tingkat tinggi akan terjadi benturan dan senggol-menyenggol pada kata kunci keyword sama dengan artikel blog lain dengan judul sama percis atau sama.




Untuk mengetahui terendusnya website oleh algoritma panda yang mengulang kata kunci akan ada pada ranking 10 besar dengan tingkat persaingan yang sangat rendah dan bisanya untuk masuk persaingan tingkat tinggi halaman ini hilang tanpa jejak.

3). PENGUIN


Update Algoritma Google Terbaru Saat ini

Algoritma ini khusus Off Page dan Algoritma panda untuk onpage jadi perbedaan disini sangat menekankan saat membuat link building dari website yang berkualitas juga profil pemilk website sudah dikenal di mesin pencari.

Biasnya kesalahan mendapatkan link building atau backling dari blog dengan artikel blog tidak berkualitas dan akan berimbas pada blog Anda seperti turunnya ranking pada mesin pencari, jadi backlink harus dari sebuah blog atau website yang berkualitas baik dimata google, bukan blog atau website baru dibuat seumur jagung yang belum dikenal oleh mesin pencari.

Agar lolos dari gempuran algoritma penguin, ketika mencari backlink dan menyimpannya pada halaman blog Anda, seharunya halaman yang menjadi link building harus  relevan dengan isi artikel halaman Anda saat itu.

Sebagai tindaklanjutan rumus  algoritma Penguin diperbaharui jadi algoritma core atau dikenal algoritma inti yang sudah Saya bahas di atas sebagai yang paling handal memusnahkan halaman spaming dan sangat ngeri sekali, semua artikel  yang kita posting setiap hari akan hilang bila terkena ketentuan dari algoritma core ini.

4). FRED


ALGORITMA FRED

Algoritma Fred dilepas pada bulan Maret 2017 yakni Fred untuk onpage dan off page yang relevan, Algoritma ini memilki karakteristik yang sama pada Algoritma sebelumnya yakni Panda dan Penguin dan untuk bertugas pada website blog dengan menyisir :

Website yang besisi apa saja kena penalty Fred ini?

  • Halaman website blog yang tak memilki konten sepadan dengan jumlah iklan maka kena dari penalty dari Algoritama Fred
  • Isi artikel kurang bermanfaat bagi pembaca
  • Efek Algoritama bekerja untuk website yang terlalu banyak link Affilisasi
  • Website kena kategori Algoritma Fred yang mencari dan mendapatkan Bancklink tak berkualitas cara instan
  • Keyword pada halaman website dengan cara mengulang Kw akan kena sanksi Fred
  • Link keluar dan masuk harus sesuai dengan niche halaman tersebut

Baca juga :

Semua efek Algoritma apabila website bersebrangan dengan rumus yang dikeluarkan maka imbas terbesarnya alaman tak ke index lagi oleh mesin pencari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel