4 Jenis Dan Tipe Blog Sebagai Dasar Ngeblog

Jenis Dan Tipe Blog. Apakah anda baru mengenal blog atau masih melakukan riset apa jenis blog yang akan anda bangun, maka dari itu perlu sekali menentukan blog jenis blog yang sesuai dengan keahlian anda, blog merupakan sebuah rumah di internet yang perlu memilki maksud dan tujuan blog yang akan dirintis dari dasar.

Sebenarnya jenis blog itu sangat banyak sekali ada yang bersifat private dan publik, perlu kematangan dan ketelitian sejak awal memulainya, pikirkan sejenak apakah kedepannya blog akan maju atau malah mundur.

Panduan Belajar Ngeblog Bagi Pemula
Jenis blog

Ada 4 jenis blog yang wajib anda ketahui bagi anda,  karena ini  bagian dasar-dasar ngeblog hingga blog yang akan dipublikasikan sesuai dengan tipe kebutuhan.

Jenis Dan Tipe Blog


1). Blog Private (Pribadi)

Anda lelah menulis segala macam kegiatan sehari-hari di buku diary, kegiatan anda berifat pribadi tentu dibutuhkan tempat dan menyimpannya secara baik-baik, apabila seseorang diberi kesempatan membaca semua catatan anda tentu harus izin dulu dari penulis (anda).

Diary harus dibeli dan segala peralatan lainnya, apakah menyimpanannya aman gak? ....., dibutuhkan tempat khusus untuk semua itu, nah sekaang optimalkan apabila anda belum memilki komputer atau laptop, cukup dengan HP (smartphone) yang biasanya hanya untuk update status di situs sosial media saja, lebih baik digunakan untuk keperluan ngeblog, ngeblog bisa anda lakukan cara mobile pula dan segala kegiatan yang tadi bersifat private bisa dituangkan pada lembaran halaman blog, untuk pengunjung dapat diatur disetingan, pilih publik atau pribadi.

Meskipun pilih pribadi, anda dapat mengundang orang terdekat untuk membaca blog anda melalui email pengguna, ini lebih praktiskan.

Apakah blog pribadi akan maju? .....
Apakah blog pribadi dapat diakses oleh publik?...

Blog pribadi dapat diseting untuk publik, karena blog pribadi diasumsikan blog pribadi memilki tulisan yang lebih unik, alasanya sumber semua postingan dari pengalaman pemilik blog itu sendiri, jadi sumber dapat dipertanggungjawabkan.

Blog akan maju pula banyak pengikut yang mengikuti blog tipe ini dan biasanya blog dari kalangan artis sehingga penggemar akan rela terus update status postingan blog yang diikutinya.

2). Blog Niche

Yang kedua jenis blog niche, apa itu blog niche?.... blog yang membahas satu topik saja misalkan bidang niche tentang blogging maka isi artikelnya berhubungan erat dengan topik dunia blogging.

Diperlukan riset ketika anda memilih blog tipe Niche ini, alasnya blog tipe niche selalu artikel yang berkualitas dan mengandalkan keyword yang dibidik, karena persaingan di search engine sangat ketat sekali, banyak blog-blog niche lainnya bersaing pada KW niche bloging misalnya.

Sumper pengunjung diutamakan dari mesin pencari, kalah dimesin pencari blog niche akan padam, perlu kecermatan ketika membuat kw untuk sebuah judul dan beberapa tahapan dalam penulisan dengan optimasi onpage dan off page.
Baca pula:Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi
Blog niche sering terlempar dari halaman 1 karena persaingan sesama blog niche sangat alot untuk mendapatkan peringkat di SERP, kadang google sebagai pemilik search engine terbesar dan tempat dimana pengunjung didapatkan untuk blog niche mengupdate atau merilis algoritma baru untuk menyisir konten berbau spam.

Kinerja algoritma sangat besar perannya untuk membuang halaman blog yang kurang bermanfaat bagi pembaca dan disingkirkan dari pencariannya (mesin pencarian google), menyusun halaman-halaman blog relevan dan dikumpulkan pada SERP halaman satu halaman blog yang lebih relevan.

Baca juga : Update Algoritma Google Terbaru Dan Cara Mengatasinya

3). Blog Otoritas

Blog authory atau otoritas dikembangkan oleh seorang blogger yang sudah ahli pada satu bidang saja secara kopeten dan mempunyai tujuan menjangkau pembaca setianya secara akurat.

Traffik pengunjung blog didapatkan dari situs sosial media saja karena biasnaya blog tipe authority tak mempermasalahkan pengunjug organik, didukungan dengan jumlah konten yang banyak, satu blog otoritas paling sedikit memilki ribuan postingan, maka traffik akan tinggi meskipun kalah pada kata kunci tertentu.

Jangkauan konten pada blog otoritas sangat luas sekali di antara membahas dalam bidang teknologi, kesehatan,  pendidikan dan lainnya, misal bidang teknologi itu banyak sekali, ada teknologi internet, otomotif dan masih banyak yang lainnya.

4). Blog Perusahaan

Perusahan baru atau yang sudah terkenal sekalipun untuk memperkenalkan produknya dengan membangun blog pada website mereka, dari blog tersebut untuk menjangkau para pelanggan untuk dapat membelinya atau membutuhkan jasanya, pada blog jenis ini adanya ada tutorial khusus pada jasa atau layanan baru yang dikembangkannya

Baca juga :

Nah itulah penjelasan tentang Jenis dan tipe blog sebagai dasar-dasar ngeblog bagi anda yang masih pemula ingin membangun sebuah blog.

Subscribe to receive free email updates: