Panduan Belajar Ngeblog Bagi Pemula Hingga Mendapatkan Uang

Beragam Argumen dan pertanyaan di forum dan media sosial topik yang diangkat tentang panduan ngeblog untuk pemula hingga menghasilkan uang. Sudah banyak diantara para master yang menjelaskannya dan ciriseo.net akan mencoba lebih detail dari awal apa itu blogger? keuntungan menjadi blogger apa saja?... Nah ikuti langkah "tahapan" ngeblog hingga sukses.

  1. ⇛Diawali dari Apa arti blog?...
  2. ⇛Ada berapa tipe dan jenis blog dan pilih mana?...
  3. ⇛Alasan ngeblog, manfaat dan keuntungan bagi saya?...
  4. ⇛Bagaimana tahapan mulai negeblog ?...
  5. ⇛Kesalahaan untuk membangun blogger.
  6. ⇛Cara promosi blog,  cara meningkatkan pengunjung blog yang baik
  7. ⇛Apakah ngeblog dapat menghasilkan uang?...

Semua itu pertanyaan diatas yang selalu menjadi trend tak ada habisnya untuk dibahas, selain melalui forum-forum khusus pengguna lama dan blogger pemula ada pula permintaan lewat kotak komentar, Hangout, profil Google Plus dan melalui Email langsung pada kontak blog, mengutarakan permintaan ajari saya ingin belajar ngebog, semacam itu.

Tutorial Belajar Ngeblog Untuk Pemula


Untuk menjawab semua itu melalui postingan ini panduan belajar ngeblog hingga menghasilkan uang, secara detailnya sebagai berikut ini:

Panduan Belajar Ngeblog Bagi Pemula

A). Apa itu Blog?.......


Menurut Wikpedia Indonesia, arti blog adalah tulisan yang dipublikasikasikan pada halaman website dan dapat dibaca melalui jaringan internet.

Apa bedanya website dengan blog, blog bagian dari website atau blog halaman yang dihostkan misalkan blogspot dari blogger, sedangkan website berdiri sendiri memilki fungsi komplek sekali, didalamnya dapat dikembangkan beberapa blog-blog sebagai bagian dari website.

Contohnya:
Blog : Ciriseo.net ini.
Website sosial : media Facebook.com.

B). Jenis Dan Tipe Blog


Kemudian tentukan jenis blog yang akan anda bangun dan untuk lebih lengkapnya dibawah ini sudah ada 4 jenis blog dan silahkan pilih salah satunya sesuai kriteria yang sudah anda dipersiapkan :

Panduan Belajar Ngeblog Bagi Pemula
Jenis blog

1). Blog Pribadi

Mengenai blog pribadi sangat simpel sekali, karena isi dari blog itu sendiri terdiri tulisan yang dipublikasikan dari catatan pribadi, kadang blog tipe ini hanya untuk pembaca dari teman dekat dan keluarganya saja dan biasanya untuk menjadi pembacanya adanya konfirmasi via email dari admin blog.

Namun ada pula blog pribadi ini untuk public tentunya semua postingannya tak jauh dari kehidupan pemilik blog itu sendiri, misal blog ini seorang artis ternama maka semua perjalanan hidupnya dari mulai bangun tidur sampai tour konser akan dipublikasikan lewat blognya.

Bagaimana kedepannya blog pribadi ini?.....

Justru blog pribadi banyak yang maju dan menjadi tekenal alasanya semua postingannya asli dari sumbernya langsung.

2). Blog Niche

Definisi blog niche difokuskan membidik kata kunci pada satu topik karena tanpa itu blog jenis ini harus bersaing di google untuk masuk halaman satu, perlu riset yang matang ketika membuat konten, banyak tools yang dipergunkan sebagai penunjang kekuatan KW pada search engine, optimasi seo onpage dan off page memilki peranan penting majunya blog jenis niche ini.

Jadi secara umum blog niche untuk bersaing keyword di halaman google dan semuanya menginginkan masuk halaman pertama pada keyword yang dibidik, karena sumber dari traffik pengunjung didapatkan secara organik.

Trafik tak selalu tinggi pada blog tipe niche ini, apabila google mengupdate algoritma terbarunya maka adanya peningkatan pengunjung dan yang paling heboh banyak pula blog-blog otoritas pengunjung turun drastis.

Algoritma menyasar pada blog-blog yang mementingkan keyword tanpa isi yang jelas dan kinerja algoritma secara umum yakni merangkum dan menampilkan halaman lebih relevan dari halaman lainnya yang relevan dan menghilangkan dari mesin pencarian halaman blog yang bersipat spam.

Perjalanan Algoritma Google hingga saat ini masih diperbaharui, masih ingat ketika Algoritma panda dikeluarkan banyak admin blog mengeluh menurunya pengunjung dari google, alasnnya pasti halaman yang awalnya masuk halaman pertama pada urutan atas terlempar jauh lagi, bahkan sirna pada SERP Google.

Mensiasati semua update Algoritma untuk mempertahankan posisi artikel dipage satu Google hanya dengan membuat tulisan berkualitas dengan backlink yang relevan pada niche blog.

Mohon diingat saja :

Konten bukan untuk robot, kualitas konten akan naik di SERP Google apabila padangan dari penilaian pengguna (pembaca setia) bahwa artikel berkualitas, salah satunya apabila pembaca berlama-lama disatu halaman hingga 15 menit lamanya, maka keuntungan dari lamanya human-friendly membaca halaman blog tadi akan berdampak baik pada bounce rate tadinya bengkak akan semakin ramping dan meskipun lambat artikel kita sedikit demi sedikit akan terlihat di halaman satu.

Apakah anda pilih blog Otoritas atau Niche?...............

Pilihan ada ditangan anda karena dari kedua jenis blog ini semuanya mengahasilkan uang, dari program afliliasi atau publisher iklan.

Baca juga : Cara Membuat Blog Baru Niche Agar BPK Tinggi

3). Blog authority - otoritas

Blog authory atau otoritas dikembangkan oleh seorang blogger yang sudah ahli pada satu bidang saja secara kopeten dan mempunyai tujuan menjangkau pembaca setianya secara akurat.

Traffik pengunjung blog didapatkan dari situs sosial media saja karena biasnaya blog tipe authority tak mempermasalahkan pengunjug organik, didukungan dengan jumlah konten yang banyak, satu blog otoritas paling sedikit memilki ribuan postingan, maka traffik akan tinggi meskipun kalah pada kata kunci tertentu.

Jangkauan konten pada blog otoritas sangat luas sekali di antara membahas dalam bidang teknologi, kesehatan,  pendidikan dan lainnya, misal bidang teknologi itu banyak sekali, ada teknologi internet, otomotif dan masih banyak yang lainnya.

4). Blog Perusahaan

Perusahan baru atau yang sudah terkenal sekalipun untuk memperkenalkan produknya dengan membangun blog pada website mereka, dari blog tersebut untuk menjangkau para pelanggan untuk dapat membelinya atau membutuhkan jasanya.

Pada blog jenis ini adanya ada tutorial khusus pada jasa atau layanan baru yang dikembangkannya, misal anda pernah mengakses website Go-Jek salah satu pelopor ojek online di Indonesia maka pada Website Gojek ada cara untuk bergabung bagi pengguna atau ingin bermitra dengan Go-jek.

C). Apa Sih Manfaat Ngeblog Itu?.......


Disinilah manfaat yang dapat anda peroleh dari seorang blogger, dan sekarang terbuka lebar potensi blog untuk generasi muda, apabila anda yang berjiwa msih muda, namun yang sudah berumur ngeblog bukan halangan, dibawah ini ada beberapa poin penting keuntungan sebagai blogger:

Panduan Belajar Ngeblog Bagi Pemula Hingga Mendapatkan Uang
Manfaat ngeblog

1). Sebagai penulis profesional

Jangan malu dengan tulisan yang diposting pada halaman blog, diluar sana tulisannya bagus-bagus, mereka dikhususkan sebagai penulis yang hebat pada satu bidang dan sudah ada sekolahnya, misal jurnalis.

Kemampuan menulis awalnya jelek bila dibandingkan yang sudah senior, biarin saja, merangkaian kata untuk menjadi satu naskah perlu pembelajaran, tidak seperti anda membuat karangan pada sehelai kertas. Ini blog, beda banget tulisan tangan mengunakan pena dengan tulisan digital yang perlu optimasi yang tepat dan baik menurut google.

Untuk menulis lebih baik dibutuhkan waktu nantipun akan terlihat hasilnya kemampuan menulis yang benar, maka jangan sungkan ciptakan semua inspirasi dan ide pada blog, bila gak enak dibaca tenang saja bisa review ulang.

Menulis bagian terpenting dalam mengelola sebuah blog, blog berisi tulisan dan bermancam-macam tujuannya, blog tidak akan berkembang tanpa ada tulisan kecuali Photo Blog yang berisi foto berkualitas tinggi seperti fotografer sebagai postingannya, buat jadwal untuk membuat tulisan, apakah 1 hari 1 artikel atau bagi yang sibuk pada pekerjaan offline (nyata) cukup 1 minggu 1 artikel pun sudah lebih dari cukup, Blog berisi tulisan dan bermancam-macam tujuannya.

Jadi menulis itu keharusan, belajar terus dan belajar untuk menulis, hingga menjadi blogger dengan tulisan sebaik jurnalis profesional.

2). Rajin Membaca

Selain menulis, membaca salah satu bentuk pekerjaan untuk menambah wawasan, seorang blogger akan aktif membaca dari sumber-sumber kompeten dan memiliki banyak manfaat.

Dari mana sumber yang dapat dibaca oleh saya?...........

Yang pertama membaca dengan cara online, sudah tersedia website dan blog yang berisi panduan pada niche tertentu, misal anda suka dengan ilmu tentang teknologi, silahkan cari website yang mengulas tuntas teknologi, niche teknologi dapat dipecahkan lagi menjadi beberapa otoritas webisite membahas teknologi salah satunya blog otomotif (Mobil).

Kedua dari buku, majalah, koran dan lainnya yang memilki nilai tambah untuk menambah ilmu pengetahuan anda.

Semakin rajin membaca akan menujang niche blog anda, apabila ada pengujung yang menanyakan sesuatu yang tak dipahami.






3). Dikenal Di Internet

Manfaat selain menulis dan membaca yakni dikenal di internet, kepercayaan terhadap blog kita di awali dengan informasi yang diberikan pantas dan berguna bagi mereka.

Membangun kepercayaan terbilang sulit apabila konten berbau hoak, tak masuk akal, adanya konten yang menilai tak bermutu. maka dari itu kembangkan segala potensi anda untuk menjadikan blog sebagai rumah kedua untuk berbagi informasi yang berkualitas.

4). Berjualan Ebook

Ingin menghasilkan uang dengan cara yang terbaik ? Menulis E-Book juga merupakan cara yang bagus untuk menempatkan posisi dari keahlian anda miliki, misalkan anda ahli dalam penelitian dunia bloging maka dengan membuat ebook premium seputar panduan ngeblog pemula hingga sukses dan disisipkan pada halaman niche sama maka cara ini terbukti menghasilkan uang.

5). Melebarkan Bisnis Internet

Pada poin keempat blog dapat melebarkan bisnis, bisnis yang awanya biasa saja dan tak dikenal orang banyak dengan membangun sebuah blog dan kepercayaan di internet maka bisnis akan semakin berkembang pesat.

Sudah banyak toko online yang tumbuh saat ini, apakah anda ingin seperti mereka bisnisnya terkenal, hanya bermodal blog binis akan semakin maju, bisa memilih jalur jual prodak sendiri.

Atau

Mengikuti program afiliasi, sudah banyak blogger yang menekuninya sebab apabila dirinci program afiliasi ini blog kita sebagai sarana menjual produk dari perusahaan atau bidang usaha yang diikut, kita akan mendapat persentasenya sebagai member apabila terjadi transaksi melalui link afiliasi.

6). Menghasilkan Uang

Pada segmen ini saya tak akan panjang lebar, ke pokok saja, apabila blog sudah berjalan, traffic tinggi, pembeca loyal terhadab blog anda, nama anda terkenal.

Ringkas kata blog sudah banjir traffic dari organik search engine Google, Bing=Yahoo, maka dengan menjadi partner publisher Google adsense blog anda kan menjadi ladang atau lapak sendiri untuk menghasilkan uang, diluar sana sering terdengar, membaca di internet banyak publisher menjadi kaya dengan menayangkan iklan dari GA, lebih lengkapnya nanti dibawah saya akan panjang lebar untuk poin ini.

7)........Seterusnya masih banyak manfaat blog itu lho nantipun setelah blog berjalan akan terasa apa itu manfaat lainnya.

D). Tahapan Ngeblog


TAHAPAN NGEBLOG
Merintis blog

Ngeblog diperlukan perangkat sebagai penujangnya, anda dapat menggunakan perangkat sederhana melalui HP (Smartphone), apabila sudah ada perangkat Laptop, Komputer akan lebih baik.

Karena.......

Ada kode-kode tertentu yang perlu diedit misal pada template atau menambahkan widget yang tak dapat dilakukan sempuna pada perangkat mobile.

Ada ketentuan memulai membangun blog agar sukses, namun bagi pemula jangan dibuat pusing yang terpenting niat ingin ngeblog itu saja.

1). Apa Tujuan Ngeblog Anda?

Ngeblog dibutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, materi, pikiran, maka dari itu penting sekali mengedepankan tujuan mau diapakan blog kita nantinya, tanpa perencanaan yang matang dan tidak konsisten akan berhenti ditengah jalan.

2). Tentukan Topik

Kebiasaan dan hoby salah satu bagian meluruskan untuk topik sebuah blog, tanpa topik yang jelas, semua usaha kita sia-sia, blog dikembangkan adanya faktor keseriusan, kebiasaan dan keahlian yang menonjol dari diri anda.

3). Platform Layanan Blog

Bagi pemula saya sarankan jangan langsung ke website berbayar dahulu, mengapa tidak boleh? .......

Bukan boleh tidaknya menggunakan layanan website premium, namun akan lebih baik pilih yang gratisan dulu dan bila terasa sudah ada kemajuan dari mengenal dan paham struktur dan setingan pada platform blog gratisan, anda bisa pindah atau migrasi ke Top Level Domain.

Banyak pula master blog masih menggunakan layanan platform gratisan karena mereka sudah menekuni dan enjoy pada platform itu.

Di bawah sudah tersedia beberapa layanan untuk membuat blog banyak sekali, namun saya akan menjelaskan sedikit dari 2 Platform terkenal dan terbesar saja yakni Blogger dan Wordpress.

[Blogger Platform]


Pertama dari Blogger yang beralamat lengkapnya di blogger.com, siapa yang tak kenal dengan Platform Blogger milik Google yang didirikan oleh Pyra Labs dan akuisisi oleh google pada bulan februari 2003, ruang penyimpanan file terbesar hingga 14 Giga, Blogger menawarkan pembuatan blog tampilan antar muka yang modern dan mudah dikembangkan meskipun pemula, support monetisasi iklan Google Adsense.

Panduan Belajar Ngeblog Dari Blogger
Blogger Platform

Secara umum blog pada Platform Blogger dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Pada Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, maka blogspot salah satu sub domain dari blogger yang memberikan akses gratis untuk membangun sebuah blog, sudah banyak yang sukses dengan blogspot blogger ini.

Baca juga : Cara Membuat Blog Di Blogger Lengkap Dengan Gambar Panduannya

[Wordpress Platform]


Siapa yang kenal dengan Wordpress salah satu layanan blog gratis dan paling banyak penggunanya beralamat di wordpress.com, tingkat populasi 24 persen di dunia.

Panduan Belajar Ngeblog Wordpress
Wordpress Platform

Dengan dukungan open-source anda dapat mempelajari setingan pada tema, widget dan plugins. Ruang penyimpanan dan bandwith unlimited pada Wordpress versi gratisan sebesar 3GB, cukup dan muat untuk mempublikasikan jumlah postingan hingga 400 postingan dengan ukuran file image diperkecil hingga 10kb paling besar.

Baca juga : Panduan Cara Membuat Blog WordPress Gratis

Selebihnya layanan blog sperti Wix, Weebly, Tumblr, Squarespace bisa menjadi alternatif bagi anda, silahkan pilih mana yang anda sukai dan abadikan pengalaman terbaik anda pada halaman blog pada platform diatas.

4). Membuat Postingan Baru

Blog seperti disinggung pada poin C diatas ↑↑↑ nomor 1 harus berisi tulisan, setelah menentukan tujuan, pilih platform.

Kemudian membuat postingan yang sesuai dengan topik blog anda bangun, jangan melenceng dari topik semula, ngeblog tidak akan fokus.

Jangan memaksakan diri seperti orang lain yang sudah sukses dengan topik tertentu, sukses itu tujuan dan pasti, bila kita terlepar dari topik yang tidak dikuasai, bisa dibayangkan, ngeblog akan terhenti, jadinya mumet sendiri, anda akan dibuat 7 keliling pada topik asing bagi anda.

Memang seorang blog harus belajar untuk mendalami suatu bidang, namun ini membutuhkan waktu panjang untuk mampu setara dengan mereka.

Terpenting menurut saya, buat, buat, terus buat tulisan yang unik dari kemampuan anda miliki, di luar sana mungkin nanti Anda yang lebih ahli pada topik anda dalamai, jadi mantapkan ketika menulis artikel pada topik saat meritis blog.

5). Memoles Blog Jadi Mobile Friendly

Google telah meninformasikan bahwa blog harus memilki tampilan mobile friendly agar tak terjaring  algoritma mobilegeddon, apabila blog tidak mobile friendly maka blog tidak bisa diakses di perangkat HP-Smartphone.

Alasannya kenapa blog harus mobile friendly, peningkatan pengguna ponsel pintar mulai tahun 2012 semakin tinggi maka banyak dari mereka dimanapun bisa melihat, mencari, untuk menemukan sesuatu hal hanya berbekal Smartphone.





E). Beberapa Kesalahaan Blogger Pemula


1). Memikirkan Kuantitas

Buat konten berkualitas dari topik dan keahlian anda, jangan berbuat copy paste artikel blog sebelah, maunya cepat terisi postingan dari hasil mengopy dengan tujuan agar traffic naik, itu semua tak akan berhasil seperti membalikan sebelah tangan, Google tahu siapa pemilik konten pertama tersebut.

Mereviews kembali agak berbeda dengan tindakan copy paste, kadang hasil reviews ulang lebih baik dari sumber aslinya, apabila anda lebih mahir menambahkan beberapa kekurangan dari sumber itu.

2). Sering Ganti Template

Jangan keseringan mengganti template hanya membuang-buang waktu saja, lebih baik patenkan awalnya mau menggunakan template dari desain siapa dan tentukan komponen widget pada posisi tepat yang sesuai.

Jangan menambahkan widget yang tak perlu, cukup widget artikel populer, artikel terbaru, label-kategori, Arsip, Privacy, Disclaimer, Kontak, Tentang (About), Sitemap, Langganan via Email, Term Off Service dan kontak lainnya (Google plus, Facebook, Twitter).

3). Terlalu Banyak Topik

Pengalaman pribadi sebagai pengujung setia ketika mengunjungi suatu blog Otoritas kesehatan tentu sudah mengenal nama dan alamat blog itu, disitulah keunikan dari sebuah blog.

Identitas suatu blog otoritas pada niche akan menambah kepercayaan pengunjung baru atau pengunjung lama.

Ada anggapan sulit mengembangkan blog berkutat pada satu niche, buang jauh-jauh pikiran semacam itu, tetap konsen pada konten jangan tergoda yang belum anda pahami betul.

Katanya seorang bloggger harus belajar, ya benar apa adanya, admin blog harus pintar menyerap beragam ilmu di internet dan media buku lainnya, namun perlu digarisbawahi yakni seperti disinggung diatas untuk menjadi seperti mereka perlu waktu dan panjang, lebih baik kembangkan apa keahlian anda.

4). Fokus Pada Blog Anda

Buat postingan dengan mengalir apa adanya, jangan terobsesi memperbanyak tulisan pada awal-awal membangun blog, biasanya blogger pemula rajin posting artikel palam waktu 1 bulanan, dalam sehari saja dapat mempublikasihan lebih dari 4 postingan, menginjang umur blog 2 bulanan terlihat volume artikel yang diposting turun drastis,  kadang dalam satu minggu tidak ada artikel baru dibuat.

Memposting artikel lebih baik mengalir senatural mungkin, anda bisa membuat artikel banyak dalam tempo 1 hari saja, coba biasakan simpan dulu pada draf atau seting untuk semua atikel untuk dipublikasikannya terjadwal otomatis langsung dikirim oleh sistem pada blogger.

5). Ingin Cepat Mendapatkan Uang

Apabila blog sudah dijadikan tujuan uang, maka akan sembarangan konten dibuat, mau hasil darimanapun yang penting banyak pengujung cepat menghasilkan uang dari blog.

Berbagi pengalaman Saya Erica belinda admin ciriseo.net memiliki penghasilan pertama membutuhkan waktu 5 tahun ngeblog, lama juga ya.

6). Kurang Mengoptimalkan Mesin Pencarian

Manfaatkan kekuatan mesin pencari google, telah banyak informasi disiapkan mesin pencari google ini, dan google mendominasi urutan pertama sebagai mesin pencari terbesar di dunia.

Berbagai topik ada di google, atau ingin memperdalam keahlian, cukup luangkan waktu dan cari keyword yang sama dengan topik blog anda.

F). Promosi Blog Untuk Mendatangkan Pengunjung


Blog sudah selesai dibuat, kita perlu promosikan, promosi adalah bentuk memperkenalkan blog untuk menarik banyak pengunjung baru dan menetapkan pengujung setia selalu mengikuti update artikel blog anda, selain promosi anda harus paham penerapan ilmu SEO.

promosi blog
Promosi blog

Untuk lebih detainya silahkan simak di bawah ini:

1). Artikel Berkualitas

Di atas pernah diulas sedikit majunya blog didukung oleh kualitas.  Kualitas di sini lebih simpel yakni seorang blogger harus semata-mata menciptakan konten berkualitas yang memilki manfaat bagi pembaca.

Jangan punya inisiatif menyimpang banyak konten banyak pengunjung, pemahaman ini sedikit kurang enak didengar apabila kualitas konten kurang baik bagi pengguna, google sendiri telah menghilangkan halaman blog yang berbau spam atau sampah (tak ada nilainya).

Konten yang baik dan benar yakni yang sering dicari, artikel semata-mata ditunjukan untuk pembaca dan bukan untuk robot atau mesin,  beda dengan konten blog lain dan memilki sari untuk pembaca, pembaca puas, google akan mengedepankan artikel maju pada SERP teratas.

Ingat pembaca adalah raja berikan yang terbaik dari blog anda.


2). Berkunjung Ke Blog Lain

Berkunjung atau mengunjungi blog lain sebagai bentuk kegiatan yang efektif sejak dulu dapat meningkatkan pengunjung pada blog kita apabila kunjungan itu anda menulis pesan pada kotak komentar.

Nah dari mana pengunjung datang ke blog kita itu?

Ketika memberi komentar pada satu halaman blog lain, nama anda sudah terintegrasi dengan akun google plus, dari sinilah pengujung akan melihat profil anda dan akan mengetahui deretan postingan blog yang pernah dibagikan pada profil google plus anda.

Memberi komentar atau lebih dikenal dengan blogwalking akan mendapatkan backlink dari blog yang di komentari apabila blog itu platform Wordpress atau dari platform blogger mengunakan Open ID.





3). Ilmu SEO

Banyak pakar dan jago SEO luar dan lokal membahasnya, Search Engine Optimization atau SEO perlu sekali diterapkan pada blog, ada dua penempatan SEO yang saya ketahui yakni Seo Onpage dan Seo Off Page.

Tenik seo dari tahun-ketahun semakin berkembang sebanding dengan diupdatenya algorita google, nah bagi anda yang tak ingin dipusingkan dengan SEO cukup gunakan saja seo dasar dari tubuh blog itu sendiri, misal penyetingan maksimal pada dasbor blog dan template saja.

Baca juga : Optimasi Seo Onpage Blog Secara Lengkap Di Sini

4). Manfaatkan Sosial Media

Penggunjung dari sosial media jangan dianggap sepele, buktikan anda dapat merebut hati pengguna sosial media misalkan facebook untuk mengunjungi blog anda.

Bagaimana cara promosi yang baik di facebook?

Sekarang ini pihak facebook lagi bersih-bersih dengan link spam, maka anda dapat mengakalinya dengan cara promosi yang sehat seperti update status umumnya.

Silahkan simak untuk dapat pengunjung dari facebook dan tidak kena blog spam.

Ambil contoh nama blog ciriseo saja.
Pada ciriseo terdapat Artikel tentang Asuransi lumayan banyaklah.
Kemudian buat update status seperti biasanya dan untuk promosi saya buat sebagai berikut ini:

Apa kabar semuanya?......

Apakah anda ingin mengetahui cara claim asuransi prudential

Silahkan cari keyword atau kata ini di google : Cara claim Asuransi Prudenntial Ciriseo

Terima kasih atas kunjungannya....

Kenapa ada kata ciriseo, kata ciriseo untuk menguatkan pencarian pada mesin pencarian, dijamin blog ciriseo akan muncul satu halaman pada KW diatas.

4). Join Pada Forum

Forum yang dipilh harus satu niche, agar dalam forum membicarakan niche target.

Bagaimana bila forum itu umum? tidak masalah, cuma anda ketika akan buat thread harus memilih pada kategori target blog anda.

Forum dikenal dengan banyak pengguna yang menanyakan keluhan dan para member lainnya akan membantunya, enak juga punya teman di forum, segala permasalahan akan ada penyelesaiannya.

5). Social Bookmarking

Sejak dulu sosial bookmarking senjadi salah satu tempat mencari backlink dan dapat meningkatkan pengunjung blog.

Bagaimana caranya?.....

Cukup login untuk menjadi member dan mensubmit blog anda ke situs bookmarking, disamping backlink berkualitas, blog anda pula akan lebih terkenal.

Cuma saya sarankan jangan terlalu membabibuta share postingan blog, biasakan senatural mungkin, kasih jeda waktu, 1 minggu 1 kali sudah baik.

Baca panduan : Cara meningkatkan Trafic Blog Hingga 500%

Promosi akan memantapkan blog lebih dikelal di internet, jangan berdiam dan terpaku pada search engine saja, memang blog dengan pengunjung organik nomor 1 atau difokuskan, apabila persaingan ketat, gimana?, coba promosi, luangkan waktu untuk kedepannya agar blog menjadi populer dengan cepat.

G). Menghasilkan Uang Dari Blog


menghasilkan uang dari blog

Blog sebagai sumber penghasilan, seperti dijelaskan sedikit pada poin manfaat blog diatas dapat dijadikan tempat untuk menjual E-Book dan ikut program Afiliasi, namun masih banyak pula sumber penghasilan blog dari program-progmam lainnya, lebih jelasnya sebagai berikut ini:

1). Menjadi Publisher Iklan

Blog yang memilki trafic tinggi ada baiknya bergabung dengan biro iklan terkenal yakni google Adsense, menjadi penayang iklan google harus melewati proses approve atau persetujuan layak tidaknya blog jadi penayang iklan.

Sumber penghasilannya dari mana ? kita dibayar dari klik iklan oleh pengujung blog.

Peraturannya sangat ketat untuk menjadi publisher GA ini, namun apabila konten berkualitas dalam 5 menit saja blog anda diterima oleh pihak Google adsense.

Apabila belum diterima, coba dan coba, mencoba, mencoba lagi dan perbaiki apa kesalahan pada tubuh blog anda.

Untuk lengkapnya baca : 5 Cara Daftar Adsense 2 Hari Cepat Diterima (Full Approve)
Selain adsense ada gak alternatif advertising itu? ......

Banyak sekali dan inilah pilihan alternatif jaringan periklanan atau advertising lokal dan luar negeri yang populer seperti Media net dari Yahoo, BlogAds, Kontera Ads, PropellerAds, Cara mendaftar Infolinks, Chitika, BidVertiser.

2). Membuka Slot Iklan

Maksud slot iklan adalah anda menarwarkan pada pengiklan untuk menayangkan iklannya di blog anda langsung, harga bisa anda tentukan sendiri.

Biasanya ukuran slot iklan ini paling populer ukuran 300x250 disimpan dibagian sidebar kiri atau kanan blog anda dan 720x60 disimpan bagian header atas blog dekat menu.

3). Menjual Jasa

Potensi blog dapat menghasilkan uang dari menjual jasa, bagi yang jago SEO sekarang terbuka lebar, banyak yang blogger pemula ingin belajar seo langsung, jasa anda bisa dibicarakan melalui kontak blog atau chating sekalian via WA-WhatsApp.

Apapun keahlian anda bisa menjadi penghasilan, bisa ditawarkan lewat blog anda.

4). Menjual Produk

Apakah toko anda sepi, namun sudah punya blog, coba buat review barang dan jual cara online di blog anda, disamping blog ramai, nama usaha di dunia nyatapun akan terkenal setelah dimuat pada blog.

Akhir , Masih banyak yang lainnya, blog sebagai tempat menghasilkan uang.

Itulah penjelasan tentang panduan belajar ngeblog bagi pemula dan hingga menhasilakan uang, semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel di atas, salam sukses semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel