Cara Cek Kecepatan Internet Provider Operator Di HP Android

Cara Cek Kecepatan Internet . Apakah Anda pengguna HP dan Tab Android ? bila ya, sekarang ada Cara Cek Kecepatan Internet Provider Operator Di HP Android yang Anda pergunakan pada perangkat itu dengan aplikasi OOKLA Speedtest, aplikasi speedtest untuk mengetahui kecepatan internet operator di android unuk memastikan seberapa cepat ketika download dan aploud file dan waktu yang dibutuhkan hingga selesai proses itu, kadang merasa bosan terhadap provider dengan gembar-gembor paket murah, paket hemat, paket irit untuk data internet bila hasilnya tak memuaskan sesuai harapan, nah dengan memastikan kecepatan internet operator telekomunikasi di Android sebelum anda beli paket itu bisa mencari tahu dulu pada teman yang menggunakan kartu apa yang dipakai untuk internet itu.

Alasan mendasar mengecek kecepatan internet pada Android salah satunya Anda harus memilih mana yang terbaik dari sekian banyak operator yang memberikan pelayanan kecepatan internet tinggi dengan harga standar, jangan terbujuk dari paketan kartu murah hemat dan ternyata di ukur kecepatannya hanya 70kb/s maka untuk apa lebih baik mengunakan data paket dari pembelian dengan potongan sejumlah pusa harga standar atau beli harga yang standar pula dengan kecepatan maksimal. Aplikasi speedtest hanya sebatas cara cek kecepatan internet saja dan tidak bisa meningkatkan kecepatan intenet android seperti Internet Booster & Optimizer bisa meningkatkan internet semakin cepat dan powerfull. Kadang kecepatan internet di HP Android ada yang down, down jaringan terjadi karena banyak pengguna internet pada operator selular tersebut, namun bila dawn cuma hitungan menit tidak apalah namannya juga server semakin banyak pemakai maka akan semakin padat dan kembali normal bila pihak operator menambah kuota bandwidt server lebih besar.

Sebelum menilai seberapa cepatnya kecepatan di Hp Android mari kita bandingkan perbedaan kecepatan data internet khusus 3 G di negara kita dan negara lain  di Indonesia kecepatan internetnya 772 kbps dan  Malaysia 1.7 Mbps, Vietnam 1.5 Mbps, Thailand 3 Mbps, , Kamboja 1.2 Mbps dan Laos 956 Kbps jadi sudah terjawab sekarang, walaupun Indonesia sudah memakai jaringan internet tinggi yakni 4G itu hanya kota besar saja, kita di kota kecil bahkan di desa terpencil hanya sebatas sinyal Edge yang ada, adapun 3 G tersendat-sendat arena jarang pemancar BTS terlalu jauh puluhan kilo meter jaraknya maka kualitasnya sudah tak sekencang di kota dekat pemancar operator berdiri.

Bila saja kecepatan normal 500 kb/s untuk download itu sudah normal jangan minta yang lebih 4G bila untuk saya hanya untuk bloging dan akses sosmed, beda lagi bagi pengusaha bisnis internet kecepatan harus menjadi nomor satu alasanya file yang diupload dan di download besar-besar hingga Giga bite atau Terabyte.

Baca juga : Paket Kuota Data Internet Murah Terbaik 2016

Lho jadi ngelantur terlalu jauh maslah bisnis , kembali lagi ketopik ya dan menyakinkan apakah kecepatan inernet yang Anda gunakan sudah mumpuni, mari cari tahu dengan cara cek kecepatan internet provider operator di Hp Android sebagai berikut :

CARA CEK KECEPATAN INTERNET DI HP ANDROID

Pertamnya silahkan masuk ke Aplikasi Play Store Hp Android Anda dan kemudian setelah di menu ketikan kata Speedtest dan proses memerlukan waktu mencari data nama tersebut, selajutmya akan muncul aplikasi yang dimaksud → langsung saja  klik download dan install → tunggu proses intalasi → selesai.

1). Kemudian klik icon speedtest maka akan muncul bar baru, setelah itu klik tombol Mulai tes (Saya sudah kasih tanda panah).
Tunggu proses mencari server terdekat dan setelah ditemukan maka akan berubah seperti gambar di bawah:


Keterangan gambar di atas:

2). Untuk nomor 2 menunjukan bar dari server yang akan menguji kecepatan internet dengan munculan tek sekejap (Diselengaran oleh Ciriseo) Ciriseo misalkan nama serverver tersebut.
3). Setelah itu lihat nomor 3 menujukan proses sedang berlangsung maka jarum penunjuk itu akan memberikan data yang pertama untuk kualitas download sampai berapa Mbp/s kecepatan yang dimilki operator dan nanti berhenti sendiri dan yang kedua kan berganti untuk menilai kualitas aploud kerjanya sama seperti tadi akan berhenti bila sudah full.
4). Lihat nomor 4 semua data kecepatan untuk download akan ada di lingkaran itu.
5). Untuk nomor 5 Sama dengan nomor 4  cuma ini untuk data aploud.
6). Untuk nomor 6 kilk folder hasil maka akan seperti gambar di bawah ini:

Icon Unduh : Menyatakan mengukur kecepatan internet untuk mendownload hingga 6.01 Mbp/s dengan waktu ping 1.77 jadi lumayan cepat bila anda mendonload file atau lagu Mp3 ukuran 5 Mb membutuhan waktu cuma 8 detikan.




Icon Unggah : Menyatakan kecepatan untuk aploud 0,43 Mbps dengan waktu ping 1.77 .


7). Untuk nomor 7 bila di klik akan terbuka seperti gambar di bawah ini :


Keterangan Gambar di atas :

8). Untuk nomor 8 menunjukan hasil dalam hitungan Mbp/s.
9). Untuk nomor 9 menunjukan hasil dalam hitungan Kb/s.
Bagaimana perhitungan Mbps itu bila di baca dengan Kb/s ? 1Mbps sama dengan 125 Kb/s jadi bila gambar pada hasil 6,01 Mbps sebanding dengan 750 Kb/s jadi kualitas internet di rumah saya lumayan ngacir.
10). Untuk nomor 10 menunjukan server yang ditemukan pada awal test jadi hasilnya dari Bandung PT ( tak bisa disebutkan rinci ).
11). Nomor 11 untuk menguji kecepatan dengan server otomatis jadi sistem pada speedtest akan mencari otomatis dan menemukannya.
12). Nomor 12 ubah server , bila anda memilki server khusus untuk menguji kecepatan interet bisa ditentukan secara manual.


Nah itulah tips cara cek kecepatan internet provider operator di Hp Android berikut penjelasannya semoga bermanfaat dan sekarang tahu apa speedtest dan perhitungan Mbp/s dan Kb/s kecepatan internet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel