Cara Mengetahui Dan Memperbaiki Indoor AC Bocor Keluar Air

Salah satu peralatan elektronika yang sering digunakan untuk mendinginkan ruangan yang panas banyak macamnya seperti Ac dan juga kipas angin atau blower namun untuk saat ini akan menjelaskan salah satu produk dari ketiga produk ini yakni Air Conditioner atau lebih dikenal nama AC. Dengan alat inilah udara diruangan yang tadinya sangat panas menjadi sejuk karena suhu udara bisa kita setting hingga 24 -25 derajat sebagai ukuran yang tepat atau idealnya.

Udara yang mengalir dari Ac jangan di bawah 25 derajat bukannya sejuk yang didapat nyatanya Anda kedinginan jadi atur kondisi ruangan, bila diruangan perbelanjaan seperti mall biasanya ruangan tersebut sangat luas untuk satu lantai saja jadi bisa hingga 3 unit Ac dan cukup dengan suhu 24 -25 derajat, namun bila 1 unit bisa diturunkan lagi hingga 15 derajat karena semakin banyak orang berbelanja udara akan naik . Pemakaian yang yang melebihi kapasitas banyak AC mengalami kerusakan pada komponen salah satunya Indoor AC keluar air kadang pk yang kecil bekerja untuk ruangan yang luas tanpa penambah unit maka kinerja AC sendiri semakin berat dengan mengeluarkan suhu bisa saja di bawah 15 derajat baru bila terasa sejuk.


Maka dari itu Saya pada artikel ini akan menjelaskan cara mengetahui Ac yang bocor keluar air dan banyak sebab bisa terjadi seperti pada paragraf 2 sudah disinggung karena kinerja Ac semakin berat untuk menyejukan ruangan bukan saja 24-25 derajat namun Ac harus di setting pada 15 derajat untuk suhu yang sejuk itu dan masih banyak faktor-faktor lainnya yang perlu Anda tahu.

Nah inilah cara mengetahui dan memperbaiki indoor Ac yang bocor dengan mengeluarkan air sebagai berikut ini:

PENYEBAB INDOOR AC BOCOR MENGELUARKAN AIR


1). PIPA AIR SISA PEMBUANGAN KECIL

Penyebab pertama adalah Ac bocor dan tersumbat kotoran hingga ada tetesan air pada dinding dan lantai salah satunya pipa pembuangan terlalu kecil apalagi Ac tersebut diparalel jadi sisa air yang keluar harus lebih besar agar lebih cepat dan bila ada pengendapan akan tebawa keluar.

Cara memperbaikinya harus segera mengganti pipa airpembuangan tersebut dengan yang lebih besar dengan menambah soket pipa keukuran lebih besar dan buat intalasi baru dengan membongkar yang lama mengantinya.
Penampakannya seperti gambar di bawah ini :


Keterangan gambar di atas :
1. Lubang pipa pembuangan air AC
2. Talang depan pada Indoor AC
3. Pipa bagian belakang pada Indoor AC
4. Talang bagian belakang AC

2).1. AC JARANG DISERVICE

Namanya alat elektronik juga bentuknya barang dan benda yang sering digunakan perlu pemeliharaan atau service tak terkecuali AC ini perlu service secara rutin dengan waktu terjadwal bisa 5 bulan sekali tergantung kondisi kinerja AC, dan bisa menghubungi tukang service langganan Anda dan Intasi. Selain mengecek AC tidak digin lagi saat diperbaiki , jangan malu meminta menyervice bila ada talang air yang tersumabat, karat dan lendir (lumut). Jasa service yang datang ke TKP ada kalanya harus membuat service versi besar atau general service yakni membongkar unit Ac indoor memperbaiki bila banyak kerusakan dan terjadinya konsleting listrik karena banyak bocor air menjalar kekomponen lain.

3). AC BOCOR AKIBAT PROSES

Ac bekerja mengekuarkan udara segar maka ada proses dalam AC tersebut dan biasanya yang rentan pada komponen Ac yakni pipa tembaga ada pengembunan ada di bagian belakang karena amarplex tidak maksimal atau tak bisa menyimpan air. Solusinya ganti dengan yang baru agar bisa menyimpan air kembali dan lancar tak terkendala seperti tadi.

4). FAKTOR KEMIRINGAN MELETAKAN AC

Perlu diperhatikan menyiman AC indoor harus tepat sejajar horizontal maka perlu pengukuran tingkat keseimbangan antara kiri dan kanan.
Anjuran pemasangan langsung oleh ahli atau mekanik / teknisi Ac dengan mengunakan alat waterpas. Pembuanghan air harus lebih rendah agar tidak terjadi penyumbatan atau penumpukan air pada pipa awal air keluar dari unit Ac dan agar tidak meluber kedepan sisi Ac.

Nah itulah cara mengetahui penyebab dan cara memperbaiki Indoor AC bocor Air. semoga Artikel di atas bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel