Cara Mengamankan Stiker FI Motor Honda Matic

Jenis Motor keluaran pabrikan Honda khususnya mesin matic sekarang sudah mengadopsi teknologi injeksi maka sistem pembakaran yang sempurna dan tentunya akan irit bahan bakar dan yang terpenting ramah lingkungan, apabila dibanding dengan motor dengan masih menggunakan karburator jelas beda jauh dari gas atau emisi sisa pembuangan.

Motor Honda matic yang sudah mengunakan injeksi akan ditandai pada batok kepala sebelah kiri dengan stiker FI PGM-FI (Fuel Injection) untuk motor matic Honda injeksi biasa dan sudah penambahan fitur canggih pengereman ABS (Anti-lock Brake System) dan CBS (Combi Brake System CBS) dan stiker FI PGM-FI idling stop system (ISS) sudah ada penambahan fitur lagi yakni apabila motor berhenti dan sebelumnya tombol idling stop di posisi On maka mesin motor akan mati dan kembali menyala ketika menarik gas lagi.

Stiker FI Motor Honda Matic Hilang

Yang jadi permasalahan pada pejelasan saat ini bukan mengenai sistem pengeremannya atau masalah irit tidaknya bahan bakar, namun ada rumor bahwa stiker timbul FI ini harganya mahal, maka banyak yang hilang ketika motor disimpan sebarangan atau mungkin diarea parkiran sekalipun tak luput dari tangan jahil.

Kejadian ini menimpa pula pada saya ketika sedang mengantar seorang warga dalam acara pernikahan dan motor pada waktu itu disimpan dengan motor lainnya pada halaman toko yang sudah tutup dan saat saya mau pulang logo FI sudah raib digondol pencuri.

Sempat shock namun sebentar sudah hilang, untung saja cuma stiker kecil kalau dengan motornya gimana saya mau pulang..... mungkin harus numpang pada mobil dari iring-iringan warga lainnya.

Ada anggapan bahwa harga stiker FI ini mahal antara 100 ribu hingga 200 ribu dan mungkin stiker hasil curian tersebut apabila dijual lagi dengan harga 50 ribu saja akan lancar pada penadah.

Satu minggu saya masih ingat terus tanda stiker FI beat yang hilang itu dan sekarang sudah direlakan mungkin itu cara terbaik, mau bagaimana lagi toh sudah hilang.

Dua bulan setelah kejadian itu saya mengantar kerabat untuk membeli satu unit motor matic Beat di dealer Motor AHAS Setia Kawan Ciamis, nah waktu itu bertemu dengan sales marketing yakni Mbak Elma dan saya berbincang dengannya, seperti ini :

Saya : Mbak sekarang marak hilang stiker F1 (sambil menujuk ke batok kepala motor Beat saya yang sudah gak ada stikernya)
Mbak Elma : Ya sekarang banyak yang hilang
Saya : Emangnya berapa sih harganya?.........
Mbak Elma : Murah lho, cuma 6 Ribu Rupiah untuk yang Ori dengan tulisan FI PGM-FI doang dan untuk tulisan FI PGM-FI idling stop 26 Ribu Rupiah
Saya : Murah banget Mbak,  ada sekarang di sini, saya mau yang ada tanda idling stop stikernya
Mbak Elma : Silahkan ke dalam saja tanyakan mungkin stok masih ada

Sebelum saya ke dalam ruangan dealer untuk menanyakan stiker FI itu Mbak Elma melanjutkan pembicaraannya:

Mbak Elma : Minggu kemarin ada anak kecil ingin menjual stiker FI dengan jumlah banyak dan hampir sekantong keresek kecil dan tak tahu itu dari mana, karena biasanya stiker Asli itu dibungkus rapih dengan palstik, disegel dan ada tulisan Honda, namun pada stiker FI itu perekatnya sudah terbuka dan rusak

Mengatasi Stiker Fi Motor Honda Matic Hilang
Contoh Stiker FI yang Asli

Saya : Diterima Mbak?
Mbak Elma : Ya  jelas enggak lah..., untuk apa sih.., disini juga menjualnya, yang Asli dari Honda cuma 6 Ribuan
Saya : Setelah mendengar jawaban Mbak, gimana anak kecil itu?
Mbak Elma : Anak kecil itu kaget mungkin dikiranya harga stiker FI itu mahal diatas 100 Ribuan seperti berita tersebar diluar sana hehehe (sambil ketawa kecil dia)

Berkaca dari percakapan tadi bagi Anda yang merasa kehilangan stiker FI jangan usah kuatir yang terpenting motor Anda masih selamat tak digondol maling, silahkan beli lagi yang baru di dealer motor honda terdekat dan cari sesuaikan dengan tipe motor Anda ada stiker FI PGM-FI doang atau Stiker FI PGM-FI idling stop harganya seperti diatas.

Apabila kejadian hilangnya beberapa kelengkapan motor sama menimpa pada pemilik mobil yang sudah diasuransikan jenis All risk, maka akan langsung diganti oleh pihak perusahaan Asuransi, karena jenis Asuransi All risk ini adanya ganti rugi apabila kehilangan komponen yang ada pada mobil seperti kaca spion, tape mobil atau lebih parahnya hilang unit mobil itu sendiri dari tindakan kejahatan orang tak bertanggungjawab, Alam dan kecelakan berkendara.





Mencegah Hilangnya Striker FI Beat, Vario, Scoopy


Untuk pencegahan Hilang stiker FI motor matic Honda Beat, Vario, Scoopy injeksi diamankan sebagai berikut :

1. Silahkan beli skotlet yang sama dengan corak warna batok motor, misal warna batok motor biru maka beli skotlet warna biru pula
2. Kemudian gunting skotlet tersebut 2cm lebih besar dari stiker FI motor Anda
3. Selanjutnya buka skotlet tersebut dan tempelkan diatas stiker FI PGM-FI atau FI PGM-FI idling stop
4. Ratakan dengan tangan kosong, agar lebih rapih dan bagus hasilnya dengan bantuan pemanas dari korek api gas atau hair dryer

Alasannya menutupi stiker FI ini agar tak terlihat oleh mata si maling yang mengintai stiker FI dari jauh, walupun ada niat dan terlanjur mau mencongkelnya harus berpikir ulang karena mereka harus membuka dulu skotlet sebagai pengamanan pertama pada stiker FI tadi dan usaha mencopotnya membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Selain Anda datang ke dealer motor untuk membeli stiker FI, sekarang cukup dengan mengunjungi situs jual beli seperti bukalapak disana sudah menyediakan varian dan model stiker FI dengan harga yang tak kalah bersaing dan murah sekali, ada yang menjatuhkan harga hanya dengan Rp.4.800.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel