Cara Memperbaiki Dan Hapus Crawl Error Not Found

Cara Menghapus Crawl Error page not found 404 pada Blog. Crawl error adalah link yang menuju sumber tidak valid atau mati dengan ditandai tulisan page not found 404, maka kita akan dibuat pusing apalagi menerpa blog yang kita kelola, ada kemungkinan kita menghapus sengaja pada dasbor blog saja tanpa penghapusan melalui link url Delete error 404 not page blog pada google Webmaster tools.

Apa penyebab terjadinya crawl error 404 dan bagaimana mengatasi crawl error 404? atau bahasa kerennya homepage shows 404 not found if i delete post or page from blog penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menghapus  Crawl Error Page Not Found Pada Blog

1. Kesalahan saat memasukan url link yang menuju mengarah ke halaman lain
2. Jangan sepelekan link url komentar apabila link yang ditanam sudah mati maka akan terjadi error
3. Penghapusan artikel di dasbor blog saja tanpa menghapusnya crawl error pada alat webmaster tools

Error 404 menurut google tidak menurunkan ranking halaman, namun bila kita berlarut-larut tidak memperbaikinya dan menghapusnya dengan cara permanen agar semua postingan artikel kita mudah terindex oleh mesin pencarian google, karena kesalahan tadi walaupun kecil akibatnya akan menghambat artikel dimuat oleh webmaster tools dengan alasan url not found tadi masih ada. Jadi secepatnya perbaiki agar blog Anda sehat pada search engine.

Baca juga: Menentukan kata kunci keyword

Untuk lebih lengkapnya inilah cara memperbaiki dan menghapus crawl error not found pada url halaman blog seperti di bawah ini:

Mengatasi Crawl Error 404 Not Found


Hapus crawl error page not found di blog sangatlah tidak sesulit yang dibayangkan kita tinggal menginformasikan dan berintegrasi dengan blog melalui Google Search Console, tinggal masuk ke google webmaster lalu pilih blog yang akan diperbaiki dan klik link url eror copy paste di note pad dan simpan satu-satu url error, langkah lebih detil sebagai berikut:

1. Silahkan masuk di google webmaster kemudian klik sebelah kiri cari menu CRAWL selanjutnya pilih kembali bagian sub menu crawl error maka akan terbuka bar sebelah kanan daftar Url error yang dikelola oleh google both silahkan pilih bagian Not Found 404.

2. Selanjutnya klik url satu-satu dan kemudian copy paste pada note pad.

3. Bila link error sudah disimpan di note pad kembali lagi ke google webmaster tools, langkah ini harap diperhatikan centang link error tadi semuanya dan klik tombol Mark As Fixed dan tunggu semuanya hilang terhapus, langkah ini memberi tahu ke google bahwa link error ini sudah diperbaiki tapi sebenarnya kita menghapusnya bukan memperbaik atau diperbaharui.

4. Setelah penghapusan pada tombol Mark As Fixed, kita kembali ke bilah sebelah kiri pilih Menu Google Index dan klik submenu hapus URL atau Remove Url untuk menghapus URL error tadi secara permanen.

5. Selanjutnya klik tombol CREATE A NEWS REMOVE REQUEST dan isikan link error tadi satu satu klik hapus Url error semuannya.

Atau ingin lebih jelasnya cara menghapus artikel postingan blog dari hasil pencarian search engine secara permanen agar tidak terjadi error not found sebagai berikut ini:


1). Klik menu Google Index
2). Maka akan terbuka submenu dan pilih Remove URL / hapus URL, kemudian kik kotak temporarily
3). Maka akan terbuka kotak kosong dan pastekan semua URL Link error tadi yang disimpan di note pad
4). Klik Continue
5). Selanjutnya akan terbuka yang menyatakan seperti ini "Temporarily hide page from search sesults anda remove from cache"
6). Kemudian klik "Submit Request"

Bila tahap di atas sudah Anda kerjakan dengan benar tentang penghapusan URL Link artikel postingan blog di webmaster, nanti URL link yang hapus akan hilang di pencarian google 3x24 jam.

Kesimpulan Menghapus Error Crawl page not found 404 pada Blog


Lakukan berkali- kali menghapus crawl error itu tergantung url mati itu sudang malang-melintang di crawl sebelumnya, apabila umur link tersebut sudah lama diatas 4 tahunan maka membutuhkan waktu lama agar hilang permanen di mesin pencarian,  ulangi lagi secara bertahap selama dengan 3 kali penghapusan selama 3 mingguan karena seperti tadi url link sebelumnnya sudah terindex oleh pencarian dan sudah meyatu sekali dengan blog Anda, namun berbeda apabila blog Anda baru 2 bulanan, penghapusan Link sangat cepat cukup 2 menit saja sudah hilang.


Cek kesehatan blog sobat rutin di google webmaster tool agar terhindar error 404. Itulah tips sederhana tentang Cara Hapus Crawl Error page not found 404 pada Blog semoga bermanfaat. Good luck.

Subscribe to receive free email updates: