Bagaimana Cara Backup Hosting cPanel ?

Bagaimana Cara Backup Hosting cPanel ?. Beberapa kasus dari website besar kena haking dari tindakan yang merusak isi atau kata sandi Admin sebuah website, nah berkaca pada hal yang serius ini pengelola website harus menyiapkan hal yang tak terduka dari pihak lain yang akan menjatuhkan reputasi website Anda, sudah ada settingan pada layanan hosting dengan cara yang paling praktis membackup hosting website di cPanel Anda dan simpan ditempat yang aman misal folder pada komputer Anda.

Cara backup hosting di cPanel. Sebelum ketahap backup, akan dijelaskan pada paragraf berikutnya, sebelumnnya harus mengenal dulu tentang backup restore hosting ini. Cara backup hosting adalah beberapa tindakan positip yang dilakukan seorang pemilik website untuk meminimalisir akan terjadinya kerusakan dan kehilangan data sebagian atau penuh berupa kerugiaan material dan non-material hosting websitenya. Lebih bijak sedari awal sebelum terjadi kehilangan database website dikemudian hari dari bentuk-bentuk kesengajaan atau niat tidak baik pada hosting Anda dengan cara backup cPanel semua data hosting website,  wajib dilakukan dan tidak memakan waktu yang lama.

Cara Backup Hosting cPanel

LANGKAH CARA BACKUP RESTORE HOSTING DI CPANEL

Nah sekarang langsung saja ke tema pembahasan  cara backup hosting di cPanel seperti di bawah ini :

1). Silahkan Anda login ke cPanel dan selanjutnya cari tulisan dan klik Backups.
2). Selanjutnya akan terbuka tampilan baru dan silahkan Anda pilih ada 2 opsi backup yang Anda inginkan sesuai kebutuhan seperti di bawah ini :

(1). Full backup

Kelebihan dari backup hosting cPanel pada stelan ini untuk menyimpan atau membackup semua data pada arsip, file, dan configurasi pada akun hosting Anda.

Bagaimana cara kongritnya backup full hosting ini ?..................seluruh data backup dengan cara di restore yang ada pada account hosting dan silahkan paling tepatnya hubungi costemer service untuk restore account hosting backup pada perusahaan hosting yang Anda pinang, kelancaran menghubungi costemer service perusahaan hosting dari awal Anda harus mengetahui mereka akan membantu Anda saat ada keluhan atau beberapa masalah dan biasanya costemer service akan membantu 1x24 jam penuh, costemer service yang baik siap membantu karena Anda memilih tepat pilih hosting terbaik untuk kelancaran saat backup cpanel.

Di atas secara ringkas apa yang dimaksud full backup dan sekarang kepenerapannya sebagai berikut :

Langkah praktis full backup hosting cPanel

1). Silahkan Anda klik tulisan Download or Generate a Full Website Backup.
2). Pada Generate a Full Backup selanjutnya pilih Backup Destination dan kemudian pilih Home Directory.
3). Selanjutnya masukan email pemberitahuan backup yang sudah tersedia pada kolom Email Address.
4). Kemudian klik tombol dengan tulisan Generate Backup.
5). Tunggu beberapa saat biasanya memakan waktu hitungan menit tergantung file data yang Ada di website Anda bila filenya besar di atas 5 Giga maka waktu proses ini berjalan agak lama, setelah selesai Anda akan menerima berupa email pemberitahuan bahwa full backup sudah dilakukan.
6). Untuk melanjutkan tahap berikutnya setelah menerima email pemberitahuan, sekarang Anda masuk ke cPanel dan pilih File Manager kemudian lanjut untuk masuk ke directory /home/username/.
7). Langkah ahir Silahkan download file backup ke laptop atau komputer, file yang diunduh penampakannya seperti ini backup-06.07.2017_15-59-00_username.tar.gz.

(2). Partial Backup

Cara backup jenis Partial backup adalah menyalin atau membacup semua file dan arsip yang ada pada folder /home/username/public_html/.

Backup hosting pada patrial backup ini adalah membackup account hosting cPanel lalu kemudian downloadnya ke laptop atau komputer bila sudah selesai backup, ada perbedaan hosting full backup database langung otomatis semua didownload dengan file dan arsip sedangkan pada jenis partial backup tidak bisa bakcup database pada hosting maka dianjurkan agar semua lancar Anda harus download backup kembali untuk databsenya.

Baca juga : Perbedaan hosting gratis dan berbayar (premium)

Tata cara partial backup

1). Ada beberapa pilihan dan jenis data yang mau dibackup, silahkan pilih salah satunya misalkan Directory, Home, Email, Database.
2). Silahkan tunggu sebentar setelah Anda memilih jenis pada nomor 1 (Directory, Home, Email, Database) semua proses sedang berjalan pada server, bila semua data yang diproses selesai maka secara otomatis perangkat Anda laptop komputer akan mendownload data website Anda.

Dari semua opsi diatas dan paling merekomendasikan client ketika dalam langkah Full Backup, bertujuan dari opsi ini seluruh data yang ada pada website Anda seperti database, email, configurasi hosting akan terkendali semuanya ada terbackup.


Nah itulah penjelasan tentang cara backup cpanel hosting semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: