Satelit Telkom 3S Pengganti Satelit Telkom 1 Yang Rusak

Satelit Telkom 3S. Telkom sebagai perusahaan besar milik Negara dan sekarang ada penambahan satu lagi sebuah satelit terbaru bernama Satelit Telkom 3S sebagai adik dari Satelit Telkom-1 dan 2, Satelit Telkom 3S sendiri ditempatkan tepat diatas garis khatulistiwa (Equaror) dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran dan sumbu rotasinya sama dengan bumi.

Dengan diluncurkan Satelit Telkom 3S pada tanggal 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB dan berjalan sukses dan orbit pada titik koordinat 118° E   dan yang mengangkut Satelit Telkom 3S yang beratnya hingga 3550kg ditebangkan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis. Maka dari itu dengan satelite Telkom 3S sebagai pemersatu kepulauan dari sabang sampai merauke dan daerah terluar dan terpencil seluruh wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Profil Satelit Telkom 3S Milik Perusahaan TELKOM INDONESIA
image : http://www.satelittelkom3s.com/

Selain jangkauan (Beam) dari pancaran satelit telkom 3S ini meliputi wilayah tutorial Indonesia daratan dan lautan, mencakup juga daya pancarnya hingga Asia Tenggara dan Asia Timur, Satelite Telkom 3S melayani untuk siaran televisi dengan kualitas terbaik High-Definition Television, komunikasi jaringan telepon, dan internet broadband

Kapasitas dari Satelit Telkom 3S yakni Std C-Band 24 Transponder (South East Asia), Ext C-Band : 8 Transponder ( Indonesia, Northern Borneo & PNG), Ku-Band dengan 10 Transponder (Indonesia) dan Total Kapasitas semuanya :42 Transponder .

Satelit Telkom 3S terbilang sangat besar  dan tentunya waktu beroperasinya juga hingga 17 tahun sejak dioperasikannya dihitung dari tahun ini dan membutuhkan daya 7795 watts dengan panel bantuan tenaga surya, satelit ini akan bekerja melayani semua transponder hingga Tahun 2034 yang akan datang.

Sumber : http://www.satelittelkom3s.com

Kesimpulan : 

Mungkin saja sejak Satelit Telkom-1 mengalami gangguan dan berakibat erronya pada sejumlah transaksi pada ATM hingga 8000 ATM sejak jum'at 25 Agustus 2017, maka alih fungsi pengguna transponder satelit telkom 1 akan migrasi ke Satelit Telkom 3S sebagai satelit terbaru dari perusahaan komunikasi Telkom Indonesia agar semua permasalahan gangguan bisa cepat teratasi.

Pernah juga ada sumber terpercaya bahwa perbaikan Satelit Telkom-1 membutuhkan waktu 10 hari sejak gangguan, kita tunggu saja semoga sukses kembali telkom satu beroperasi dan melayani transponder semuanya namun hasilnya nihil, satelit Telkom 1 sudah rusak parah tak beroperasi lagi dan gantinya tentu Satelit telkom 3S sebagai adik dari Telkom 1.

Inilah transponder Frekuensi chanel Tv digital FTA yang ada di satelit Telkom 3S seperti Trans tv, Trans 7, Antv , namun untuk Net tv masih di satelit Palapa D.

Pencarian channel Trans7, Trans tv, Antv silahkan geser sedikit 5° ke timur bagi pengguna siaran Tv FTA dari satelit palapa D dan tepatnya titik lintang koordinat pada 118° E.

Terima kasih semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel