Apa Itu VPS dan Cara Menggunakannya

Apa Itu VPS Dan Cara Menggunakannya ?. Apa VPS itu ? VPS adalah sebuah server yang bersifat virtual dan di pakai atau di gunakan karena server ini bekerja 24 jam full time sebagai penunjang sifatnya server pastinya memiliki ketersediaan system didalamnya seperti cakupan ram, harddisk, cpu juga penujang lainnya.

Pengertian VPS. Jadi arti VPS secara logika server ini tidak terlihat Cuma bisa digunakan untuk kebutuhan kebutuhan internet, secara ringkasnya computer yang tidak nyata atau virtual. Virtual mempunyai arti tidak nyata, jadi makasud virtual VPS ini apakah ada tempatnya dan kalau ada di mana? Mari kita perhatikan ketika anda mengajukan permohonanan bahasa kerennya order untuk menyewa server dari beberapa ISP dimanapun maka anda selalu diminta lokasi VPS yang anda inginkan. Biasanya pihak VPS memberikan berupa tawaran berupa lokasi seperti Singapoera, Netherland, Japan, Washington, London, Atalanta dan banyak yang lainnya, sesuai tempat penyedia VPS berada.

Apa Itu VPS dan Bangaimana Menggunakannya

Baca juga : 5 Cara Daftar Adsense 2 Hari Cepat Di Terima : Reviews Adsense Approved

Kapan kita memerlukan VPS ini ?

Bila kita sudah tahu fungsinya maka anda saatnya berkeinginan membuat akun baru ssh dan VPN untuk kita gunakan atau bisa untuk dikomersilkan dijual kepada orang lain. Di samping dari membuat akun SSH dan VPN ini anda bisa membangun suatu bisnis internet misalnya membuat akun email dengan domain sendiri , membuat website, memiliki proxy sendiri dengan banyak manfaatnya bisa memblokir membuat situs-situs, membuat torrent leech sebagai wadah untuk mendownload beragam file-file dari torrent dengan kecepatan super ini bisa anda dapatkan dengan fasilitas yang di berikan VPS.

Manfaat dan Fungsi VPS


Manfaat dan kegunaan VPS sudah saya ringkas diatas secara garis besarnnya mempunyai fungsi yang lengkap untuk memudahkan user memiliki akses domain sendiri , Tapi semua kebebasan didalamnya ada peraturan dan syarat yang tidak bisa kita langgar seperti mematuhi TOS TERMS OFF SERVICE dari layanan penyedia VSP, bila kita langgar sudah ketentuan nanti ada peringatan dulu dan setelah memperbaiki segala kesalahan dalam menggunakan VPS.

Apa saja manfaat VPS itu ?

  • Proxy
  • Transmission
  • Hosting
  • Tunneling
  • Mail Server
  • Web Server
  • VPN
  • Fo…(maaf di sensor ya pasti anda tahu kan maksudnya)
  • Encoding

Dari berbagai manfaat di atas anda bisa mengunakan pengganti yang lebih ringan dalam perawatan dengan layanan server yang nyata dan masih milik anda sendiri, dengan berbagai kemudahan untuk memiliki server VPS ini tak perlu biaya listrik untuk menghidupkan server VPS juga langganan kuota besar internet untuk online full 24 jam karena sudah ditanggung oleh seller VSP.

Bagaimana cara menggunakan VPS


Ketika anda terjun ke dunia internet lantas membutuhkan server VPS anda tinggal melakukan registrasi kepada penyedia VPS untuk kita sewa selanjutnnya dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk berlanggan dari server VPS, anda memiliki akses untuk memeriksa detail dari VPS anda di dalamnya seperti IP dan juga password untuk masuk ke VPS anda melalui layanan SSH client seperti putty, yang di berikan oleh penyedia VPS.

Semakin banyak kemudahan dari VPS ini tapi ada sebagian untuk mulai menggunakan atau pemula yang bertanya karena masih bingung cara kerjannya seperti apakah perangkat laptop atau computer PC untuk menggunakan VPS linuk harus menggunakan system operasi linuk awalnnya ? tidak perlu memakai linuk, anda diberi pilihan seperti sistim operasi windows.

Bagaimana cara mendapatkannya VPS ?

Dengan menggunakan layanan yang berupa aplikasi SSH Client tentunya sudah bisa disandingkan atau support dengan system operasi windows, aplikasi SSH Client apa saja yang suport itu ? ada beberapa aplikasi yang bisa dipergunakan seperti kitty, putty dan banyak yang lainnya, setelah kita aplikasi yang di maksud maka sekarang panduan lengkapnya dan saya akan memeberi langkah-langkah untuk menggunakan putty untuk mengatur VSP linuk pada system operasi windows perangkat komputer/laptop Anda.

1). Pertama anda harus memiliki data paket yang cukup untuk menjalankan internet selanjutnya download aplikasinya di website putty.

Apa Itu VPS dan Bangaimana Menggunakannya

Setelah anda install silahkan buka aplikasi putty dan kemudian masukan IP VPS anda, untuk bagian port stel default saja kode nomor 22, selanjutnya klik tombol tulisan open untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

2). Kemudian pada layout laptop anda akan terbuka dan meminta login dan selanjutnya masukan saja tulisan root dan enter.

Apa Itu VPS SERVER Dan Menggunakannya

3). Selanjutnya di layout anda di minta memasukan password, kemudian isi password anda yang sama seperti yang berikan oleh penyedia VSP, ketika anda memasukan password maka kode unik password anda tidak dimunculkan pada layar jadi silahkan teliti yang benar karena tidak terlihat kodenya bila sudah yakin ketik dan tekan tombol enter.

Apa Itu VPS dan Bangaimana Kenggunakannya

4). Setelah terbuka maka akan terlihat seperti sreenshot di bawah, di form ini anda bisa mengatur mengedit atau mengupdate dengan kode apt-get update ( debian ) dan untuk yang centos ada beri tulis kode perintah yum update.

Apa IVPS dan Bangaimana Menggunakannya

Baca juga :

Sekian cara  menggunakan VPS pakai aplikasi putty untuk suport system operasi windows, memang banyak aplikasi yang bisa anda akses seperti kitty dan buat anda yang memiliki system operasi mac silahkan pakai atau gunakan open SSH macOS X, sedangkan pengguna linuk cukup mengakses atau mrenggunakan fitur terminal yang ada.

Subscribe to receive free email updates: