5 Dasar Dan Tahapan Ngeblog Untuk Pemula

Dasar Dan Tahapan Ngeblog. Ada yang masih bingung tahapan dan dasar membangun blog, disamping menetukan jenis dan tipe blog ada tahapan lainnya perlu anda ketahui, seperti pertemuan saat ini saya akan menjelaskan dasar dan tahapan ngeblog bagi pemula.

TAHAPAN NGEBLOG
Dasar Dan Tahapan Ngeblog

Kegiatan ngeblog dapat dilakukan dengan peralatan seadanya misalkan HP bagi yang belum memilki laptop dan komputer, yang terpenting harus ada niat dari awalnya, namun tentu kedepannya perangkat laptop (PC) harus punya karena dengan mobile ada sedikit kendala saat mengolah template blog, meskipun dasar-dasar ngeblog dapat dilakukan dengan sebuah Smartphone tentunya harus mendownload dulu aplikasi pihak ketiga untu kode-kode html saat edit template.

Untuk lebih lenngkapnya inilah dasar dan tahapan ngeblog yang perlu anda ketahui awal membagun sebuah blog.

Tahapan Ngeblog


1). Tujuan Ngeblog

Perhatikan sebelumnya mengapa anda ingin membagun sebuah blogger?...
Ngeblog membutuhkan pengorban waktu, tenaga, materi akan tersita banyak, jadi sejak awal niatkan saya mau ngeblog, bukan ngeblog full time maksudnaya, ngeblog yang selalu update meskipun hanya 1 kali dalam seminggu yang terpenting sudah matang mengelola blog, jangan sampai terbengkalai dikemudian waktu.

2). Topik

Topik salah satu komponet utama, topik apa yang akan menjadi isi dari blog anda, utamakan topik yang ga jauh banget dengan keahlian anda, bila melampoi kemapuan daya pegetahuan anda maka blog anda akan tergusur jauh dari blog sebelah apabila ikut-ikutan topik mereka, meskipun seorang blog harus rajin membaca namun membaca membutuhkan waktu dan teori sangat beda sekali dengan praktek.

Lebih baik pengetahuan yang ada dan dipraktekan pada blog anda, cari topik yang dominan yang ssesuaikan dengan daya pengetahuan anda.

3). Platform Layanan Blog

Banyak pilihan platporm untuk lalyanan membuat blog, awalnya cari dulu yang gratisan, itung-itung belajar dulu untuk mengenal fitur pada platform penyedia.

Ada dua platform layanan yang populer dan sangat mudah untuk mengenalnya fitur-fiturnya meskipun anda baru mendaftarnya, sebut saja blogspot platfrom Blogger dari google, dan wordpress.

Apabila sudah terbiasa dan mampu mengolah kode-kode dan fitur bawaan layanan blog gratis, anda dapat merubahnya ke layanan top level domain yang berbayar.

Pertama dari Blogger yang beralamat lengkapnya di blogger.com, siapa yang tak kenal dengan Platform Blogger milik Google yang didirikan oleh Pyra Labs dan akuisisi oleh google pada bulan februari 2003, ruang penyimpanan file terbesar hingga 14 Giga, Blogger menawarkan pembuatan blog tampilan antar muka yang modern dan mudah dikembangkan meskipun pemula, support monetisasi iklan Google Adsense.

Panduan Belajar Ngeblog Dari Blogger
Blogger Platform

Secara umum blog pada Platform Blogger dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Pada Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, maka blogspot salah satu sub domain dari blogger yang memberikan akses gratis untuk membangun sebuah blog, sudah banyak yang sukses dengan blogspot blogger ini.

Baca juga : Cara Membuat Blog Di Blogger Lengkap Dengan Gambar Panduannya

Siapa yang kenal dengan Wordpress salah satu layanan blog gratis dan paling banyak penggunanya beralamat di wordpress.com, tingkat populasi 24 persen di dunia.

Panduan Belajar Ngeblog Wordpress
Wordpress Platform

Dengan dukungan open-source anda dapat mempelajari setingan pada tema, widget dan plugins. Ruang penyimpanan dan bandwith unlimited pada Wordpress versi gratisan sebesar 3GB, cukup dan muat untuk mempublikasikan jumlah postingan hingga 400 postingan dengan ukuran file image diperkecil hingga 10kb paling besar.

Baca juga : Panduan Cara Membuat Blog WordPress Gratis

Selebihnya layanan blog sperti Wix, Weebly, Tumblr, Squarespace bisa menjadi alternatif bagi anda, silahkan pilih mana yang anda sukai dan abadikan pengalaman terbaik anda pada halaman blog pada platform diatas.

4). Membuat Postingan Baru

Menulis suatu bagian kegiatan seorang blogger, tanpa tulisan blog akan kosong, beda lagi dengan blog Fotoblog yang mengutamakan keyword pada gambar tertentu saja.

Biasakan menulis mengalir apa adanya dan tentu sesuaikan dengan kemampuan anda, jangan meniru mereka gaya dan isi tulisannya, meskipun kita harus belajar mengenal lebih jauh untuk satu topik.
Baca juga : Cara Mendapatkan Pengunjung Organik Lebih Tinggi
Membutuhkan waktu yang lama agar anda setara dengan mereka, mereka (pemilik blog lain) sudah mempunyai keahlian yang lebih dalam pada bidangnya, jangan dipaksakan bila jadinya kita mumet dibuatnya untuk bisa.

Terpenting menurut saya, buat, buat, terus buat tulisan yang unik dari kemampuan anda miliki, di luar sana mungkin nanti Anda yang lebih ahli pada topik anda dalamai, jadi mantapkan ketika menulis artikel pada topik saat meritis blog.

5). Memoles Blog Jadi Mobile Friendly

Google telah meninformasikan bahwa blog harus memilki tampilan mobile friendly agar tak terjaring  algoritma mobilegeddon, apabila blog tidak mobile friendly maka blog tidak bisa diakses di perangkat HP-Smartphone.

Alasannya kenapa blog harus mobile friendly, peningkatan pengguna ponsel pintar mulai tahun 2012 semakin tinggi maka banyak dari mereka dimanapun bisa melihat, mencari, untuk menemukan sesuatu hal hanya berbekal Smartphone.

Baca juga :

Nah itulah penjelasan dasar dan tahapan ngeblog untuk pemula, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membangun sebuah blog hingga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Dasar Dan Tahapan Ngeblog Untuk Pemula"

  1. Sangat Bermanfaat khususnya bagi orang2 awam seperti saya.
    thank info

    BalasHapus

Jangan buang waktumu untuk spam !!!!